Electronic Resource
Meningkatkan Kemampuan Menggambar Sesuai Gagasan Melalui Contextual Learning Pada Anak Didik Kelompok B di TK Trisula 01 Perwari Singosari Kabupaten Malang
Menggambar mempunyai pengertian suatu usaha mengungkapkan dan mengkomunikasikan pikiran, ide/gagasan, gejolak/perasaan maupun imajinasi dalam wujud dwimatra yang bernilai artistik dengan menggunakan garis dan warna. Berdasarkan pengamatan pada TK Trisula 01 Perwari Singosari Kabupaten Malang, khususnya dalam kemampuan menggambar masih kurang kreatif dalam menggambar. Coretan yang dihasilkan anak masih terkesan umum dan menampilkan gambar yang sama setiap pengerjaan tugas menggambar. Hal tersebut dikarenakan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui langkah-langkah meningkatkan kemampuan menggambar sesuai gagasan melalui contextual learning pada anak didik kelompok B di TK Trisula Perwari Singosari Kab. Malang. 2) Untuk mengetahui meningkatkan kemampuan menggambar sesuai gagasan pada anak didik kelompok B di TK Trisula Perwari Singosari Kab. Malang dengan metode contextual learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Trisula 01 Perwari Singosari Kabupaten Malang berjumlah 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan contextual learning dalam kemampuan menggambar pada anak didik kelompok B TK Trisula 01 Perwari Singosari Kabupaten Malang, dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada siklus I rata-rata 62,05% dan siklus II 76,8% mengalami peningkatan 14,75%. Sehingga seluruh anak didik sejumlah 17 anak dapat dikatakan tuntas dalam proses belajar dengan mencapai prosentase lebih dari 75%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode contextual learning dapat meningkatkan kemampuan menggambar sesuai gagasan. Saran bagi guru dalam penerapan contextual learning tidak terbatas pada pengembangan seni namun dapat digunakan untuk pengembangan yang lainnya.
2129618/SB/2018 | KKI 372 SUC m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain