Electronic Resource
Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Di Kelas II SDN Siraman 02 Kesamben
Belajar membaca bagi siswa sekolah dasar saat ini cenderung rendah disebabkan pembelajaran yang terkait dalam membaca kurang menarik sehingga membosankan bagi siswa. Hal itu membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran yang ada dikelas. Guru tidak menggunakan media saat mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengunaan media Kartu Kata Bergambar terhadap ketrampilan membaca, efektifitas penggunaan media Kartu Kata Bergambar terhadap ketrampilan membaca siswa kelas II SDN Siraman 02 Kesamben.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasinya yaitu 30 siswa kelas II SDN Siraman 02 Kesamben.Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan kelas kontrol sebanyak 15 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji-t variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan nilai sig (2-tailed) 0,024< 0,0005 dan hasil uji indeks gain menunjukkan rata-rata indeks gain kelompok kontrol yaitu sebesar 0,4 termasuk kategori kurang efektif, sedangkan rata-rata indeks pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,7 termasuk kategori efektif.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap ketrampilan membaca kelas II SDN Siraman 02 Kesamben.
2129614/SB/2018 | KKI 372 ALF e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain