Electronic Resource
Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Ciptomulyo 03 Kecamatan Sukun Kota Malang
Berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Ciptomulyo 3 Kecamatan Sukun Kota Malang, nilai pelajaran IPA masih banyak di bawah KKM. Hal ini disebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran selain itu jumlah siswa yang banyak membuat guru kewalahan mengatasinya. Model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam kelas adalah model discovery learning. Model ini hanya sebatas mendiskusikan materi dan dipersentasikan. Ketika proses pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang bermain terutama siswa yang duduk di bangku bagian belakang. Adapun kesulitan bagi siswa dalam proses pembelajaran yaitu siswa malu bertanya, kurang fokus dalam belajar, kurang daya serap, serta kurangnya kedisiplinan dalam kelas. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk melibatkan siswa lebih aktif, kreatif dan bermakna.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciptomulyo 3 Kecamatan Sukun Kota Malang melalui penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pada pokok pembahasan bentuk-bentuk energi dan perubahan yang terjadi pada energi. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu RPP, lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi lapangan.
Hasil penelitian keterlaksanaan metode pembelajaran siklus I 65,62% kriteria sedang, siklus II 90,62% dengan kriteria sangat tinggi dan guru 78,84% kriteria tinggi, siklus II 94,23% dengan kriteria sangat tinggi. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil belajara IPA, dengan nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan yaitu 14,15 (18,82%) dengan kriteria sangat rendah, siklus I 50,23 (63,15%) kriteria sedang, siklus II 75,23 (89,47%) kriteria sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan motode mind mapping memenuhi kriteria sangat tinggi. Metode ini dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN ciptomulyo 3 Kecamatan Sukun Kota Malang, sehingga disarankan bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran ini pada pembelajaran IPA di kelas IV karena telah dibuktikan bahwa metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV, dan bagi kepala sekolah diharapkan dapat membuat program pengajaran untuk meningkatkan pendidikan di sekolah dasar khususnya pada pembelajaran IPA.
2129610/SB/2018 | KKI 372 SAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain