Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Ciptomulyo 03 Kecamatan Sukun Kota Malang

Electronic Resource

Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Ciptomulyo 03 Kecamatan Sukun Kota Malang

Samen - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang; Denna Delawanti Crisyarani, M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Ciptomulyo 3 Kecamatan Sukun Kota Malang, nilai pelajaran IPA masih banyak di bawah KKM. Hal ini disebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran selain itu jumlah siswa yang banyak membuat guru kewalahan mengatasinya. Model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam kelas adalah model discovery learning. Model ini hanya sebatas mendiskusikan materi dan dipersentasikan. Ketika proses pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang bermain terutama siswa yang duduk di bangku bagian belakang. Adapun kesulitan bagi siswa dalam proses pembelajaran yaitu siswa malu bertanya, kurang fokus dalam belajar, kurang daya serap, serta kurangnya kedisiplinan dalam kelas. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk melibatkan siswa lebih aktif, kreatif dan bermakna.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciptomulyo 3 Kecamatan Sukun Kota Malang melalui penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pada pokok pembahasan bentuk-bentuk energi dan perubahan yang terjadi pada energi. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu RPP, lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi lapangan.
Hasil penelitian keterlaksanaan metode pembelajaran siklus I 65,62% kriteria sedang, siklus II 90,62% dengan kriteria sangat tinggi dan guru 78,84% kriteria tinggi, siklus II 94,23% dengan kriteria sangat tinggi. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil belajara IPA, dengan nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan yaitu 14,15 (18,82%) dengan kriteria sangat rendah, siklus I 50,23 (63,15%) kriteria sedang, siklus II 75,23 (89,47%) kriteria sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan motode mind mapping memenuhi kriteria sangat tinggi. Metode ini dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN ciptomulyo 3 Kecamatan Sukun Kota Malang, sehingga disarankan bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran ini pada pembelajaran IPA di kelas IV karena telah dibuktikan bahwa metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV, dan bagi kepala sekolah diharapkan dapat membuat program pengajaran untuk meningkatkan pendidikan di sekolah dasar khususnya pada pembelajaran IPA.


Ketersediaan
2129610/SB/2018KKI 372 SAM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SAM p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 182hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Penelitian Tindakan Kelas
Skripsi
Metode Mind Mapping
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik