Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VIII G Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 10 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Problem Based Learning, merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang tata cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.
Rancangan penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggard. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan catatan temuan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang jumlahnya SMP Negeri 10 Malang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 34 siswa yaitu 19 perempuan dan 15 laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian, yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa pada siklus I dari 34 siswa yang tuntas hanya 20 siswa dengan persentase ketuntasan 58,82% dan rata-rata 75,08 sedangkan 14 siswa lainnya belum mencapai KKM. Untuk siklus II dari 34 siswa yang tuntas 30 siswa dengan presentase hasil belajarnya 88,23% dan rata-rata 85 sedangkan 4 siswa belum mencapai KKM. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa diharapkan ikut aktif dan berpartsipasi dalam kegiatan diskusi tampa harus mengharapkan orang lain. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2129603/SB/2018 | KKI 910 NAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain