Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII G SMP Negeri 17 Malang
Kesuksesan dalam pembelajaran IPS dapat ditunjukan dengan hasil belajar yang baik. Namun terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi tercapainya kesuksesan tersebut, diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran IPS. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching and Learning. CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah salah satu model pembelajaran yang mana mengharuskan siswa mengaitkan materi yang sudah dipelajarinya dengan kehidupan nyata, dengan ciri khas diskusi kelompoknya guru hanya menunjuk siswa yang mewakili kelompoknya tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya. Sehingga cara ini menjamin keterlibatan total semua siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VII G SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian dilakukan dengan menggunakan (1) tes, (2) lembar observasi, (3) catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII G SMP Negeri 17 Malang pada materi Interaksi Sosial. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar diperoleh hasil persentase pada siklus I sebesar 58,82 % dan pada siklus II sebesar 84,70 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI G SMP Negeri 17 Malang. Saran bagi pengajar dan peneliti selamjutnya adalah agar bisa menggunakan model CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2129599/SB/2018 | KKI 910 ASI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain