Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII G SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII G SMP Negeri 17 Malang

Maria Mirati Asi - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Dwi Kurniawati, M.Pd. - Nama Orang;

Kesuksesan dalam pembelajaran IPS dapat ditunjukan dengan hasil belajar yang baik. Namun terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi tercapainya kesuksesan tersebut, diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran IPS. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching and Learning. CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah salah satu model pembelajaran yang mana mengharuskan siswa mengaitkan materi yang sudah dipelajarinya dengan kehidupan nyata, dengan ciri khas diskusi kelompoknya guru hanya menunjuk siswa yang mewakili kelompoknya tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya. Sehingga cara ini menjamin keterlibatan total semua siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VII G SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian dilakukan dengan menggunakan (1) tes, (2) lembar observasi, (3) catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII G SMP Negeri 17 Malang pada materi Interaksi Sosial. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar diperoleh hasil persentase pada siklus I sebesar 58,82 % dan pada siklus II sebesar 84,70 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI G SMP Negeri 17 Malang. Saran bagi pengajar dan peneliti selamjutnya adalah agar bisa menggunakan model CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2129599/SB/2018KKI 910 ASI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 ASI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 127 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik