Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajarajan Geografi Kelas X IPS B MA Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
Rendahnya hasil belajar siswa kelas X ini disebabkan siswa merasa bosan dan mengantuk didalam kelas. Situasi dan kondisi yang terjadi di kelas X ini menunjukkan keadaan siswanya sangat kurang aktif dan ini berdampak buruk terhadap hasil belajarnya siswa yang rendah. Rendahnya hasil belajar ini terbukti pada saat ulangan harian dan UTS dengan jumlah siswa sebanyak 22, hanya 5 siswa atau 25% yang tuntas KKM 75. Terlihat dari sekali dari hasil nilai tersebut 75% yang tidak tuntas KKM yang telah ditetapkan pihak sekolah. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,2 dengan persentase ketuntasan 31,8, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,3 dengan persentase ketuntasan 81,8. Berarti disini nilai hasil belajar siklus I dan siklus II selisih 50%. Menandakan bahwa ada kegiatan peningkatan hasil belajar dengan kategori sangat baik. Adapun keberhasilan siswa dipengaruhi oleh faktor dari dalam siswa itu sendiri.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat atau tidaknya model Think Pair and Share bisa meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MA Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS B MA Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi pada mata pelajaran Geografi tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 21 siswa laki-laki. Siswa kelas X IPS B merupakan siswa dengan karakteristik yang beragam dimana terdapat siswa yang memiliki kemampuan akademis tinggi, sedang, dan bahkan rendah. Siklus I nilai keterlaksaan pembelajaran adalah 44,6% kategori cukup terlaksana, sedangkan pada siklus II nilai keterlaksanaan adalah 87,5% kategori sangat terlaksana. Serta ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 31,8% kategori cukup, sedangkan hasil belajar siswa siklus II adalah 81,8% kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa dari presentase ketuntasan klasikal siklus I 31,8 dan siklus II 81,8 dengan peningkatan sebesar 50% pada mata pelajaran Geografi. Saran yang disampaikan yaitu (1) bagi siswa; untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) bagi guru; untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, (3) bagi kepala sekolah; untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
2129595/SB/2018 | KKI 910 HUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain