Electronic Resource
Model Pemberian Teka Teki Silang Dan Acak Kata Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-a SMP PGRI 2 Lawang Kabupaten Malang
Observasi awal peneliti dilakukan pada bulan September 2016, hasil observasi awal peneliti di kelas menunjukan bahwa prestasi belajar IPS di kelas VIII-A tahun pelajaran 2015/2016 belumlah optimal, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa dimana nilai tertinnggi yang diperoleh siswa ialah 65. Sedangkan pada ulangan harian kedua nilai tertinggi yang diperoleh siswa ialah 79.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini diterapkan pemberian soal model teka-teki silang dan acak kata. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 2 Lawang dengan penerapan model soal teka-teki silang dan acak kata.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan taggard. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A SMP PGRI 2 Lawang dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: tes, lembar observasi, dan catatan temuan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 80,51. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai pretsasi belajar siswa adalah 86,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pemberian soal model teka-teki silang dan acak kata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 6,3%.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru geografi, untuk menerapkan model soal teka-teki silang dan acak kata dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Akan tetapi, pada penelitian ini setelah selesai melaksanakan tindakan siklus II masih ada 3 orang siswa yang belum tuntas. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindak lanjuti tindakan sampai semua siswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan tuntas dengan nilai diatas KKM.
2129592/SB/2018 | KKI 910 GAD m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain