Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Dan Tingkat Pendidikan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa IPS Geografi Kelas VIII SMP PGRI 01 Pakisaji Malang
Pendidikan merupakan peran yang sangat penting dalam menjamin untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara. Karena dengan berkembangnya zaman dan yang selalu menuntut setiap manusia untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, upaya meningkatkannya dilakukan secara terus menerus agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik, terutama dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan tujuan utamanya adalah sebagai investasi, yaituh menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Untuk itu dunia pendidikan dituntut untuk selalu memberikan respon yang lebih cermat terhadap perubahan yang sedang berlangsung di masyrakat. Keluarga merupakan lembaga sosial yang terbentuk akibat adanya perkawinan. Keluarga sangat menentukan tumbuh kembangnya anak. Pendidikan yang terjadi pada lingkungan keluarga berlangsung secara alamiah dan wajar sehingga disebut dengan pendidikan informal yang terjadi dilingkungan keluarga.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan antara variabel motivasi dan tingkat pendidikan orang tua tehadap prestasi belajar siswa IPS Geografi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknis analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 22.0for Windows. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Pakisaji Malang tahunpelajarn 2017/2018 dengan jumlah 192 siswa. Supaya memperoleh hasil yang respresentative dari sejumlah populasi, maka sampel dalam penelitian ini sebesar 30% dari jumlah siswa kelas VIII SMP PGRI Pakisaji Malang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah sampel 48 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Proportional random sampling.
Hasil penelitian ini adalah tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, dimana nilai signifikan 1,000>0,05, sedangkan motivasi orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar 812>0,05. Secara simultan atau secara bersama-samamenunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi (X1), dan tingkat pendidikan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Pakisaji Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan hasil uji f atau uji Anova adalah 83.816. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwamotivasi dan tingkat pendidikan orang tua memberikan pengaruh yang yang sangat besar terhadap prestasi belajar siswa. Diharapkan dengan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi bagi pihak sekolah, dan dan orang tua atau wali siswa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
2129591/SB/2018 | KKI 910 MAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain