Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi
Hasil observasi awal terkait rendahnya hasil belajar siswa yaitu terdapat nilai ulangan harian semester 1 tahun ajaran 2017/2018 adalah 72% atau 23 orang siswa dari 32 jumlah siswa memperoleh nilai < 75 pada pokok bahasan materi lingkungan hidup dan pelestariannya. Hal ini belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu > 75. Hal ini perlu adanya upaya suatu model pembelajaran yang lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari geografi secara aktif dan siswa dapat melibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). “Think Pair Share (TPS) adalah pembelajaran kooperatif yang menggunakan struktur kelompok untuk mengembangkan kemampuan berpikir, berpasangan, dan berbagi yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP PGRI 02 Singosari melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII B SMP PGRI 02 Singosari semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 02 Singosari siswa kelas VIII B tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 31 siswa yaitu 20 laki-laki dan 11 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, catatan temuan lapangan.
Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa pada siklus I presentase hasil belajarnya 62% kategori baik. Untuk siklus II presentase hasil belajarnya 87% kategori sangat baik. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru geografi SMP PGRI 02 Singosari agar dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi refrensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2129590/SB/2018 | KKI 910 MAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain