Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII H SMP Negeri 5 Kepanjen Tahun Pelajaran 2017/2018
Hasil belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Kepanjen masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran pembelajaran yang masih bersifat abstrak, hafalan materi dan ceramah. Kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, sedangkan siswa cenderung pasif dan hanya mendengar di tambah kurangnya keaktifan siswa juga merupakan penyebab rendahnya hasil belajar. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan suatu model pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok dan melatih siswa untuk menyampaikan pendapat dan menyampaikan pentanyaan atau pelemparan bola salju.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H di SMP Negeri 5 Kepanjen melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII H di SMP Negeri 5 Kepanjen semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelakasanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I presentase hasil belajar siswa mencapai 58,06% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II presentase hasil belajarnya mencapai 74,20% dengan kategori baik. Tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing mengutamakan siswa mampu membuat atau memberikan satu pertanyaan kepada satu sama lain dan menjawab pertanyaan yang diperolehnya dan siswa mampu memahami materi yang dipelajari. Sehinnga pada saat pembelajaran adanya interaksi antara satu dengan yang lain.
Berdasarkan pada proses pelaksanaan dan hasil belajar penelitian maka peneliti menyarankan agar model pembelajaran Snowball Throwing dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran pilihan baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam penelitian selanjutnya. Dan disarankan kepada peneliti selanjutnya sebagai wawasan dan referensi untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan dan akan menambah pengalaman dalam mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan disarankan untuk menggunakan pada variable lain seperti keaktifan, motivasi dan prestasi siswa.
2129588/SB/2018 | KKI 910 MAG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain