Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 10 Malang
Pelaksanaan pembelajaran di kelas tentunya banyak sekali hal-hal yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Salah satu yang dihadapi oleh siswa yaitu tidak berhasil dalam belajar atau dengan kata lain siswa gagal dalam belajar. Hal ini dapat disebabkan karena rendanya semangat belajar dari siswa, sehingga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Karena hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu tindakan yang dilakukan oleh guru agar dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar sehingga meningkatkan nilai hasil belajar mereka. Peran guru sangat dibutuhkan agar dapat membimbing siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar.
Observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 10 Malang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang diterapkan selama ini adalah model ceramah dengan dominasi guru yang paling banyak berperan. Hal ini membuat siswa cenderung merasa bosan sehingga banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 10 Malang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai kriteria ketuntasan minimal sekolah. Upaya yang dilakukan agar tujuan tersebut dapat tercapai yaitu dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini model pembelajaran yang digunakan adalah model Numbered Heads Together. Subjek penelitian yaitu kelas VIII I yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 sikllus dengan teknik pengumpulan data melalui tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pra tindakan mengalami peningkatan dari 73,47% menjadi rata-rata 79,85% pada siklus I dan rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 82,52% sesudah siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pun mengalami peningkatan dari pra tindakan 44,11%, meningkat pada siklus I menjadi 67, 65% dan pada siklus II adalah 85,29%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi konflik social siswa kelas VIII I SMP Negeri 10 Malang. Penggunaan model ini sebaiknya dapat digunakan atau dikembangkan pada kompetensi dasar lainnya.
2129584/SB/2018 | KKI 910 DIM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain