Electronic Resource
Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ips Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Kepanjen Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dan yang dibahas dalam penelitian ini adalah dua faktor tersebut diantaranya faktor disiplin belajar, motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Permasalahan tingkat kedisiplinan dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kepanjen tergolong masih kurang, baik dalam sikap maupun tindakannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII Smpn 2 Kepanjen Malang tahun pelajaran 2017/2018, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII Smpn 2 Kepanjen Malang tahun pelajaran 2017/2018,
(3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII Smpn 2 Kepanjen Malang tahun pelajaran 2017/2018, (4) pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII Smpn 2 Kepanjen Malang tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Smpn 2 Kepanjen Malang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 279 siswa. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proposional Random Sampling, diperoleh sampel 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Jenis penelitiannya kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar diperoleh thitung=2.829, motivasi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh thitung sebesar=4.549, lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar diperoleh thitung sebesar=3.529 dan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara displin belajar, motivasi belajar dan lingkungan keluarga yang diperoleh dari fhitung sebesar=10.147.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran bagi kepala sekolah hendaknya menciptakan lingkungan yang kondunsif, bagi guru khususnya bidang studi IPS hendaknya dalam proses pembelajaran tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga sebagai motivator untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan orang tua hendaknya menciptakan suasana yang kondusif dalam kehidupan dilingkungan keluaraga.
2129581/SB/2018 | KKI 910 JAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
2129582/PB/2018 | KKI 910 JAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain