Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perubahan Sosial Budaya Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Gondanglegi
Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui kegiatan untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek pembelajaran. Kelas IX B SMP Negeri 1 Gondanglegi merupakan salah satu kelas yang siswanya memiliki hasil belajar yang sangat rendah. Hal ini terlihat dari 34 siswa dengan standar ketuntasan 75 yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 21 siswa sedangkan 13 siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IX B disebabkan karena (1) siswa masih terlihat kurang serius dalam mengerjakan tugas, (2) rendahnya partisipasi siswa dalam belajar seperti bertanya dan mengemukakan pendapat, (3) rendahnya kosentrasi siswa pada saat menyimak penjelasan guru (4) kurang memiliki kreativitas, hanya cenderung mengikuti teman-temannya, (5) kurang ulet atau mudah menyerah saat mengalami kesulitan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1X B di SMP Negeri 1 Gondanglegi melalui penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1X B di SMP Negeri 1 Gondanglegi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa pada siklus I presentase hasil belajarnya 64,70% kategori baik. Untuk siklus II presentase hasil belajarnya 80,50% % kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru SMP Negeri 1 Gondanglegi, supaya guru dapat menerapakan model pembelajaran Project Based Learning pada saat kegiatan belajar mengajar dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal. Saran ini juga ditujukan kepada Kepala Sekolah selaku pimpinan yang dapat mengontrol semua kegiatan dari seluruh guru dalam rangka untuk meningkatkan kerja dari guru, serta bagi siswa dan peneliti diharapkan mampu untuk melakukan refleksi akan pentingnya belajar didalam kelas dan mereka memahami model pembelajaran yang efektif dalam menyelesaikan masalah, dan peneliti dapat menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada saat mengajar guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
| 2129578/SB/2018 | KKI 910 BEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain