Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas VIII A SMP PGRI 3 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kelestarian dan kemajuan bangsa. Berbagai usaha pemerintah dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu mengembangkan sistem pendidikan di sekolah. Pelaksanaannya terdiri dari serangkaian kegiatan terencana dan terorganisasi, termasuk kegiatan dalam proses belajar mengajar di kelas. Kegiatan itu bertujuan menghasilkan perubahan yang positif dari diri anak yang sedang menuju kedewasaan. Terkait dengan tuntutan demokratisasi pada era saat ini, salah satu kelemahan yang dirasakan dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah pelaksanaan proses pembelajaran yang kurang mendorong terjadinya pengembangan siswa yang dinamis dan budaya berpikir kritis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berangkat dari masalah yang ada di lapangan kemudian direfleksikan dan dianalisis berdasarkan teori yang menunjang. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan paparan data penelitian yang dilakukan di SMP PGRI 3 Malang setelah menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIIIA SMP PGRI 3 Malang yaitu pada siklus I sebesar 74,11%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yaitu sebesar 82,35%.
2129575/SB/2018 | KKI 910 JEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain