Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas XI IPS 4 SMA Sumberpucung Malang
Hasil observasi dikelas XI IPS 4 SMA N I Sumberpucung Malang diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah. Bukti rendahnya keaktifan belajar siswa dikelas dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 mata pelajaran IPS dengan presentase 38,23% (kategori kurang aktif). Setelah melihat permasalahan tersebut yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa sangat rendah maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stary dalam melaksanakan penelitian dikelas XI IPS 4 SMA N I Sumberpucung Malang. Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang di desain untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas XI IPS 4 SMA N I Sumberpucung Malang melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray.
Rancangan penelitian ini menggugunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N I Sumberpucung Malang siswa kelas XI IPS 4 tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri 335 siswa yaitu 5 laki-laki dan 30 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksaan model pembelajaran, Tes, dan catatan temuan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 73% kategori aktif, sedangkan persentase hasil belajarnya 65,71% dengan nilai rata-rata 68,28 kategori cukup baik. Untuk siklus II persentase keaktifan 87,85% kategori sangat aktif sedangkan persentase hasil belajarnya 80% dengan rata-rata 88 kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMA N I Sumberpucung Malang agar dapat menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stary dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi siswa akan pentingnya keaktifan belajar siwa Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal.
2129570/SB/2018 | KKI 910 PAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain