Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Ajaran 2017/2018
Awal tahun ajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Bululawang mengalami permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran IPS. Observasi awal penelitian menunjukan bahwa dari 30 orang siswa di kelas VII B terdapat 18 siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal dan 12 siswa belum mencapai ketuntasan belajar minimal sebesar 75. Persentase ketuntasan belajar pra tindakan hanya mencapai 60%. Menanggapi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Posing. Model pembelajaran ini mengharuskan siswa untuk menyusun pertanyaan dan menjawabnya sendiri maupun secara berkelompok sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan rancangan peneltian model Kemmis dan Mc Tagart yang melalui 2 siklus tindakan. Setiap siklus memiliki beberapa tahap tindakan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yakni sebesar 63% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 74. Menindaklanjuti kekurangan pada tindakan siklus I peneliti melaksanakan tindakan siklus II dengan berbagai macam perbaikan. Tindakan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 83% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 77. Hasil penelitian tersebut menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing.
2129566/SB/2018 | KKI 910 GOR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain