Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Ajaran 2017/2018

Saverinus Gordisona - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Nelya Eka Susanti, M.Pd. - Nama Orang;

Awal tahun ajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Bululawang mengalami permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran IPS. Observasi awal penelitian menunjukan bahwa dari 30 orang siswa di kelas VII B terdapat 18 siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal dan 12 siswa belum mencapai ketuntasan belajar minimal sebesar 75. Persentase ketuntasan belajar pra tindakan hanya mencapai 60%. Menanggapi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Posing. Model pembelajaran ini mengharuskan siswa untuk menyusun pertanyaan dan menjawabnya sendiri maupun secara berkelompok sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan rancangan peneltian model Kemmis dan Mc Tagart yang melalui 2 siklus tindakan. Setiap siklus memiliki beberapa tahap tindakan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yakni sebesar 63% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 74. Menindaklanjuti kekurangan pada tindakan siklus I peneliti melaksanakan tindakan siklus II dengan berbagai macam perbaikan. Tindakan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 83% dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 77. Hasil penelitian tersebut menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing.


Ketersediaan
2129566/SB/2018KKI 910 GOR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 GOR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 126 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Problem Posing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik