Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP NU Al Hikmah Tumpang Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP NU Al Hikmah Tumpang Malang

Nanik Eka Prasetyaningrum - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S.Si.,M,Si. - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M,Pd. - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan kualitas keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dalam meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa; 2) Untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; 3) Untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ruang lingkup penelitian ini adalah kelas VIII B SMP NU AL Hikmah Tumpang Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa 32 orang, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan nilai prestasi belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar siswa diakhir tiap siklus. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kualitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peta konsep tergolong baik, rata-rata presentase Siklus I 73,81% dan pada Siklus II 98,33%; 2) Model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata pada Siklus I adalah 59,6875, sedangkan rata-rata nilai pada Siklus II adalah 86,40625; 3) Model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Presentase nilai pada Siklus I adalah 62,5%, sedangkan pada Siklus II adalah 93,75%. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa.


Ketersediaan
2129564/SB/2018KKI 530 PRA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 PRA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 205 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Inkuiri Terbimbing
Kemampuan Berpikir Kritis
Skripsi
Peta Konsep
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik