Electronic Resource
Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP NU Al Hikmah Tumpang Malang
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan kualitas keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dalam meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa; 2) Untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; 3) Untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ruang lingkup penelitian ini adalah kelas VIII B SMP NU AL Hikmah Tumpang Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa 32 orang, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan nilai prestasi belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar siswa diakhir tiap siklus. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kualitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peta konsep tergolong baik, rata-rata presentase Siklus I 73,81% dan pada Siklus II 98,33%; 2) Model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata pada Siklus I adalah 59,6875, sedangkan rata-rata nilai pada Siklus II adalah 86,40625; 3) Model inkuiri terbimbing dengan peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Presentase nilai pada Siklus I adalah 62,5%, sedangkan pada Siklus II adalah 93,75%. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa.
2129564/SB/2018 | KKI 530 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain