Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir Tahun Pelajaran 2017/2018
Model Pembelajaran word square merupakan model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan jawaban pada kotak-kotak jawaban yang sudah disediakan oleh guru. Model ini dapat membantu merangsang siswa untuk melatih berpikir efektif dan kritis yang melalui permainan acak huruf baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir dengan materi pokok mobilitas sosial.
Rancangan penelitian ini terdapat 2 kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Sebelum mendapat perlakuan kedua kelompok ini yaitu kelompok eksperimen (model word square) dengan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional) terlebih dahulu diberikan pre-test dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wagir yang terdiri dari 9 kelas, kemudian pengambilan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu diambil kelas VIII A 31 siswa dan VIII E 31 siswa atas dasar memiliki nilai rata-rata yang sama. Sebagai kelas eksperimen kelas VIII A dan sebagai kelas kontrol kelas VIII E.
Hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 37,10 dan rata-rata gain score hasil belajar kelas kontrol yaitu sebesar 29,19. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari pada gain score kelas kontrol. Hasil analisis uji One Samples t-Test kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 42,50 dengan signifikan 0,000 dan hasil uji t kelas eksperimen diperoleh nilai thitung = 47,49 dengan signifikan 0,000. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara model pembelajaran word square dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1Wagir. Adapun sarannya yaitu: 1) Bagi Siswa, Siswa disarankan untuk selalu memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dengan saksama dan meningkatkan motivasi belajarnya, sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. 2) Bagi Guru, Guru hendaknya mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan model word square. 3) Bagi peneliti Selanjutnya, Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang diduga memiliki pengaruh dengan model word square terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wagir.
2129557/SB/2018 | KKI 371.4 REM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain