Electronic Resource
Rancang Bangun Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android di SMP PGRI 03 Pagak
Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dikuasai sejak dini agar mampu menguasai ataupun menciptakan teknologi masa depan. Kenyataan saat ini pelajaran matematika kurang disenangi oleh siswa dengan alasan sulit dan membosankan karena kurang paham konsep dan cara menghitungnya. Menurut studi internaional yang melaporkan hasil kemampuan siswa Indonesia dari PISA (program for international student assessment) tahun 2015 Indonesia menempati peringkat 63 dari 69 negara.
Berdasarkan hasil observasi di SMP PGRI 03 Pagak mendapatkan hasil siswa kurang memahami materi matematika, dari 48 siswa terdapat 91,6% (44 siswa) mendapatkan nilai kurang dari KKM (KKM>75), hal tersebut karena kurangnya minat dan motivasi siswa untuk mempelajari matematika. Game merupakan solusi yang tepat bagi anak yang sulit untuk belajar. Karena psikologi anak adalah bermain. Maka penggunaan game sebagai sarana edukasi merupakan pilihan tepat. Oleh karena perlu dikembangkan sebuah game edukasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memotivasi anak agar tertarik dalam belajar. Game yang dibuat diharapkan dapat digunakan sebagai media penunjang belajar siswa serta dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Rancang bangun game edukasi ini dikembangkan menggunakan aplikasi unity untuk menghasilkan game edukasi yang dapat digunakan sebagai media penunjang belajar siswa.
2129553/SB/2018 | KKI 001.6 NUG r/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain