Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pembelajaran Model Think Pair And Shar (TPS) Terhadap hasil Belajar IPA SIswa Kelas IV SDN Sidorejo IV Kec. Pagelaran Kab. Malang

Electronic Resource

Pengaruh Pembelajaran Model Think Pair And Shar (TPS) Terhadap hasil Belajar IPA SIswa Kelas IV SDN Sidorejo IV Kec. Pagelaran Kab. Malang

Ali Akbar - Nama Orang; Drs. FI. Soekarman, M.Pd - Nama Orang; Agus Sholeh, S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, ditemukan masalah yang terjadi saat proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum mengguanakan model pembelajaran yang bervariasi, guru cenderung menggunakan model konvensional yang didominansi dengan ceramah sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Diperlukan suatu inovasi atau cara oleh guru agar proses pembelajaran mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa.Inovasi yang dapat di lakukan adalah dengan mengganti model konvensional dengan model pembelajaran yang lebih inovatif. salah satu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran kooperatif think pair and share.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model Thik Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidorejo IV kec. Pagelaran kab. Malang. Jumlah sampel penelitian 40 yang terdiri dari satu kelas. Rancangan penelitian pre eksperimen (pre experiment), jadi termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan one group pre-test post-tes desain.
Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Think Pair and Share memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 78,75 (2) sedangkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model Think Pair and Share memiliki rata-rata lebih rendah yaitu 62,38. Perbedaan diuji dengan Paired samples T-test dengan menggunakan program SPSS 16.0 forwindows hasil analisis uji hipotesis yang diperoleh thitung 7,843 dengan signifikasi 0.000 < 0.05.
Berdasarakan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA materi Gaya pada siswa kelas IV yang diajar menggunakan model Think Pair and Share dengan yang tidak diajar menggunakan model Think Pair and Share. Disaranakan Model Think Pair and Share ini dapat dijadikan salah satu alternative untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


Ketersediaan
2129529/SB/2018KKI 372 AKB p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ALI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xii, 76 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
TPS
model Think Pair And Share
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik