Electronic Resource
Pengaruh Pembelajaran Model Think Pair And Shar (TPS) Terhadap hasil Belajar IPA SIswa Kelas IV SDN Sidorejo IV Kec. Pagelaran Kab. Malang
Berdasarkan hasil observasi, ditemukan masalah yang terjadi saat proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum mengguanakan model pembelajaran yang bervariasi, guru cenderung menggunakan model konvensional yang didominansi dengan ceramah sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Diperlukan suatu inovasi atau cara oleh guru agar proses pembelajaran mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa.Inovasi yang dapat di lakukan adalah dengan mengganti model konvensional dengan model pembelajaran yang lebih inovatif. salah satu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran kooperatif think pair and share.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model Thik Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidorejo IV kec. Pagelaran kab. Malang. Jumlah sampel penelitian 40 yang terdiri dari satu kelas. Rancangan penelitian pre eksperimen (pre experiment), jadi termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan one group pre-test post-tes desain.
Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Think Pair and Share memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 78,75 (2) sedangkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model Think Pair and Share memiliki rata-rata lebih rendah yaitu 62,38. Perbedaan diuji dengan Paired samples T-test dengan menggunakan program SPSS 16.0 forwindows hasil analisis uji hipotesis yang diperoleh thitung 7,843 dengan signifikasi 0.000 < 0.05.
Berdasarakan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA materi Gaya pada siswa kelas IV yang diajar menggunakan model Think Pair and Share dengan yang tidak diajar menggunakan model Think Pair and Share. Disaranakan Model Think Pair and Share ini dapat dijadikan salah satu alternative untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
2129529/SB/2018 | KKI 372 AKB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain