Electronic Resource
Manajemen Super Visi Kepala Sekolah Dasar pada Guru (Studi Multi Kasus di SDN Pujiharjo 1, SDN Pujiharjo 2, SDN Pujiharjo 3 Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur)
Supervisi kepala sekolah dilakukan berdasarkan perencanaan awal dengan guru yang sudah membuat perangkat pembelajaran kemudian melakukan proses pembelajaran didalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Mengetahui perencanaan supervisi kepala sekolah pada guru, (2) Mengetahui pengorganisasian supervisi kepala sekolah pada guru. (3) Mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah pada guru. (4) Mengetahui evaluasi supervisi kepala sekolah pada guru.
Pendekatan penelitian ini kategori penelitian kualitatif deskripstif dan menggunakan pendekatan studi multi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisa data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, confirmability. Dalam penelitian ini subjek yang diteliti adalah kepala sekolah dan guru.
Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) pada tahap perencanaan supervisi kepala sekolah memberikan bimbingan kepada guru untuk membuat perangkat pembelajaran (RPP, prota dan promes) kemudian diberikan kepada kepala sekolah untuk diberi tanda tangan dan memberikan layanan kepada guru bila ada kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran. (2) tahap pengorganisasian sudah dilaksanakan berdasarkan tugas dan wewenang yang diberikan. (3) pelaksanaan supervisi kepala sekolah dilaksanakan dengan kunjungan kelas melihat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdasarkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang sudah dibuat dan kepala sekolah akan memberikan saran dan kritik setelah pembelajaran selesai. (4) evaluasi supervisi kepala sekolah dilakukan berdasarkan tahap awal dengan evaluasi perencanaan melihat kelengkapan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru, kemudian melihat evaluasi pelaksanaan melaluai hasil kunjungan kelas dan penilaian hasil kegiatan supervisi dengan mengadakan repat dewan guru membahas tentang penilaian supervisi yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dan memberikan pengarahan kepada guru untuk memotivasi dalam pembelajaran selanjutnya lebih baik lagi.
2129526/SB/2018 | KKI 372 PRI m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain