Electronic Resource
Pembentukan Moral Siswa Kelas III Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pada SDN Sloro 01 Kabupaten Malang
Berawal dari observasi awal, peneliti menemukan permasalahan di lokasi penelitian. Permasalahannya yaitu kurangnya moral yang baik pada siswa sehingga siswa memiliki sikap yang kurang baik pula. Tujuan dari penelitian ini yaitu
(1) mendeskripsikan PKn dalam pembentukan moral siswa kelas III SDN Slorok 01
(2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam membentuk moral siswa kelas III SDN Slorok 01. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data- data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKn dapat membentuk moral siswa dengan cara pembacaan Pancasila pada saat awal pembelajaran. Guru menasehati siswa yang ramai, melerai siswa yang bertengkar, dan mendisiplinkan siswa agar tercipta suasana kelas yang kondusif. Guru juga mengajarkan keragaman suku budaya Indonesia sehingga siswa bisa mencintai bangsa Indonesia yang beragam. Kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam membentuk moral siswa yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif sehingga sulit untuk mengelola kelas. Jika siswa sulit dikendalikan maka dalam membentuk sikap siswa akan sulit juga. Ketika siswa mulai jenuh, siswa akan ramai, bermain dan mengobrol dengan temannya sehingga penyampaian materi oleh guru juga terganggu. Siswa juga belum memahami arti belajar di sekolah dan kurang menyadari akan pentingnya pelajaran PKn merupakan penyebab kendala tersebut.
2129514/SB/2018 | KKI 372 ART p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain