Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII 2 SMP 23 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII 2 SMP 23 Malang

Maria Dolorosa Gole Ina - Nama Orang; Akhmad Jufriadi S.Si., M.Si - Nama Orang; Hestyningtias Yuli Pratiwi, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri Malang pada pelajaran IPA, dari 35 siswa dalam satu kelas ada 15 siswa yang menganggap pembelajaran ipa khususnya materi fisika sebagai pelajaran yang sangat sulit dan membosankan. Sehingga dalam proses pembelajaran, siswa siswi kurang adanya rasa menyukai terhadap pelajaran IPA yang berpengaruh pada prestasi karena motivasi belajar siswa-siswi yang berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based leraning (PBL) pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP Negeri Malang dan akan terlihat apakah kualitas model pembelajaran yang digunakan.
Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Model pembelajaran ini menghadapkan suatu masalah pada siswa yang akan membuat motivasi belajar siswa mulai meningkat dengan mencari solusi atau jawaban yang berkaitan pada permasalahan yang berikan oleh guru dengan berkerja sama dengan teman duduk siswa, sehingga motivasi belajar siswa akan meningkat. Jumlah siswa V11.2 sebanyak 35 siswa yang dijadikan sample pada penelitian ini.
Hasil penelitian memnunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar pada siklus I (60,18%) dan siklus II (89.20%), serta hasil penelitian prestasi belajar siswa dari pra tindikan (62,9 %), siklus I (76,2%), siklus II (78,9%) dan Kualitas keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning yang dilaksanakan di
kelas VII 2 SMP 23 Malang memenuhi kriteria baik. Hal itu dapat dibuktikan dengan hasil persentase keterlaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar
54.90% dan pada siklus II meningkat menjadi 80.49%.Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan : penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI.2 SMP Negeri Malang


Ketersediaan
2129508/SB/2018KKI 530 INA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 INA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 141hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik