Electronic Resource
Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Sub Tema Dinamika Penduduk Kelas VII-3 SMPN 23 Malang
Adanya permasalahan yang ditemukan guru di dalam kelas membuat seorang guru atau peneliti untuk melakukan penelitian agar dapat mengatasi permasalahn tersebut. Permasalahan yang sering kita jumpai yaitu tentang hasil belajar siswa yang rendah dengan berbagai alasan yang menyebab hal tersebut bisa terjadi. Permasalahan di kelas VII-3 yaitu hasil belajar siswa yang rendah dari 36 siswa yang ada di kelas tersebut yang mendapat nilai di bawah KKM adalah 32 siswa sedangkan ketetapkan KKM di sekolah yaitu 75. Observasi dilakukan di SMPN 23 Malang kelas VII-3 agar mengetahui penyebab dari rendahnya hasil belajar siswa kelas VII-3. Dari hasil pengamatan kurangnya penguatan materi yang diberikan guru berupa lembar kerja siswa maupun tugas proyek. Sekolah telah menerapkan kurikulum K-13 namun dilihat dari kemampuan siswa, guru harus memberikan penguatan ataupun menyampaikan secara umum materi yang dibawakan.
Hasil wawancara dengan siswa kelas VII-3 yang berjumlah 36 orang dan yang hadir dalam kegiatan wawancara adalah 35 orang mengatakan jika tugas yang akan diberikan dijelaskan secara umum alasannya bahwa dengan tidak memberikan penjelasan mengenai tugas yang diberikan siswa enggan untuk bertanya. Selain itu juga siswa mengatakan bosan dalam mengikuti pembelajaran IPS, karena tidak ada sesuatu yang menarik. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mengapa media gambar karena kelas VII-3 merupakan kelas seni jika menggunakan hal-hal yang berbaur dengan gambar maka sangat membantu dan tidak membuat siswa bosan berada didalam kelas.
Hasil belajar siswa kelas VII-3 yang mendapatkan nilai tuntas atau di atas KKM adalah 4 siswa sedangkan 32 siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 74 dengan persentase 11%. Hasil belajar pada siklus I setelah penerapan media gambar adanya peningkatan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I dengan presentase peningkatanya adalah 64%, siswa yang tuntas berjumlah 27 orang dan 9 siswa masih belum tuntas 75%. Pada siklus II dengan menerapakan media gambar adanya peningkatan yang lebih dari siklus I yaitu siswa yang tuntas adalah 32 orang sedangkan yang belum tuntas adalah 4 orang dengan persentase 89%. Dari hasil belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan dengan adanya penerapan media gambar dapat meningkat hasil belajar IPS kelas VII-3 pada materi dinamika penduduk
2129507/SB/2018 | KKI 910 KEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain