Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penganggulangannya di SMP Negeri 2 Wagir Malang
Berdasarkan hasil observasi pada kelas VIII E, diperoleh beberapa permasalahan mendasar yang terjadi pada siswa SMP Negeri 2 Wagir-Malang yaitu: (1) terdapat tujuh orang siswa yang berbincang-bincang pada temannya; (2) lima orang siswa melipat-lipat kertas; (3) sebelas orang siswa memperhatikan penjelasan guru namun tidak merespon saat diberikan pertanyaan oleh guru, dan enam orang siswa lainnya aktif mengikuti pembelajaran yang ditandai adanya komunikasi timbal balik antara guru dan siswa. Mengantisipasi masalah tersebut agar tidak berkelanjutan perlu dicarikan solusinya, salah satu solusi adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif yaitu dengan menerapkan model Pembelajaran Snowball Throwing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi permasalahan lingkungan hidup dan upaya penaggulangannya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yaitu Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Tagart yang telah melalui dua siklus tindakan. Subjek utama penelitiani ini pada siswa SMP Negeri 2 Wagir-Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan catatan lapangan.
Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada sintak model pembelajaran Snowball Throwing dan mengalami peningkatan yaitu 82,5% pada siklus I dan 96% pada siklus II. Selama kegiatan pembelajaran peneliti mengukur motivasi belajar siswa menggunakan lembar observasi sesuai dengan indikator motivasi belajar. Hasilnya pada tindakan siklus I 80,5% dan pada siklus II 91%. Jadi peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 11%.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dan peneliti selanjutnya dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Kedepannya dapat dilakukan penelitian dengan materi dan variabel yang berbeda.
| 2129505/SB/2018 | KKI 910 FEB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain