Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Nested (Tersarang) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Nested (Tersarang) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir Malang

Linda Ayuningtyas - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Tri Wahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang;

Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi diri dan terampil mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran IPS di SD keberadaan guru bisa menciptakan proses belajar mengajar dengan baik. Salah satu penyebab siswa bosan dalam pelajaran IPS adalah menurunya motivasi untuk memahami dan menyimak materi selama proses pembelajaran. Model Nested merupakan keterpaduan tiga keterampilan dalam satu mata pelajaran. Dari tiga keterampilan tersebut memungkinkan siswa memiliki motivasi tinggi dan prestasi belajar meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Nested (Tersarang) terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir dengan jumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji Manova.
Berdasarkan hasil Uji hipotesis Manova dengan taraf signifikan 0,05% menunjukkan nilai sig. 0,000 menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar IPS siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Nested (Tersarang), sig. (0,000 ≤ 0,05); (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar IPS siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Nested (Tersarang), sig. (0,000 ≤ 0,05); (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Nested (Tersarang), sig. (0,000 ≤ 0,05).


Ketersediaan
2129504/SB/2018KKI 372 AYU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 AYU p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 126 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Skripsi
Model Nested (Tersarang)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik