Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Nested (Tersarang) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir Malang
Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi diri dan terampil mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran IPS di SD keberadaan guru bisa menciptakan proses belajar mengajar dengan baik. Salah satu penyebab siswa bosan dalam pelajaran IPS adalah menurunya motivasi untuk memahami dan menyimak materi selama proses pembelajaran. Model Nested merupakan keterpaduan tiga keterampilan dalam satu mata pelajaran. Dari tiga keterampilan tersebut memungkinkan siswa memiliki motivasi tinggi dan prestasi belajar meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Nested (Tersarang) terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir dengan jumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji Manova.
Berdasarkan hasil Uji hipotesis Manova dengan taraf signifikan 0,05% menunjukkan nilai sig. 0,000 menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar IPS siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Nested (Tersarang), sig. (0,000 ≤ 0,05); (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar IPS siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Nested (Tersarang), sig. (0,000 ≤ 0,05); (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Nested (Tersarang), sig. (0,000 ≤ 0,05).
2129504/SB/2018 | KKI 372 AYU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain