Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) denagn Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi BElajar Siswa Kelas X TKJ 3 di SMK Negeri 10 Malang TA. 2017/2018
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X TKJ 3 di SMK N 10 Malang tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 3 di SMK N 10 Malang yang berjumlah 33 peserta didik. Prosedur penelitian meliputi tahap a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi. Pada siklus I sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual. Dilain sisi guru sebagai pengajar belum maksimal dalam menerapkan Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual. Dalam siklus II guru dan siswa sudah memahami penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual dan menunjukkan hasil yang memuaskan.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa pada siklus I presentase kemampuan berikir kritis siswa 70.12% kategori baik dan prestasi belajar 42.42% dikategori kurang baik. Untuk siklus II presentase kemampuan berikir kritis 80.65% kategori baik dan prestasi belajar 76.76% dikategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2129502/SB/2018 | KKI 530 KAP p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain