Electronic Resource
Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Kepercayaan Diri Siswa Menghadapi Ujian Akhir Semester Di SMP Negeri Pakisaji
Self-regulation adalah kemampuan untuk mengontrol perilaku sendiri. Regulasi diri merupakan penggunaan suatu proses yang mengaktivasi pemikiran, perilaku dan perasaan yang terus menerus dalam upaya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Kepercayaan diri merupakan suatu kemampuan individu untuk mencapai einginan yang di harapkannya serta yakin dan bertanggung jawab terhadap tindakannya sehingga tidak mudah terpengaruh orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui tingkat self-regulation siswa SMP Negeri 1 Pakisaji, (2) Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Pakisaji, dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara Self-Regulation dengan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Pakisaji yang akan menghadapi ujian akhir semester. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Deskriptif dan korelasional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri terdiri dari 42 item dan skalaself-regulation terdiri dari 43 item dengan jumlah sampel 191 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dan uji korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) banyak siswa yang memiliki self-regulation dengan kategori tinggi sebesar 16% dengan jumlah 31 siswa, siswa yang memiliki self-regulation sedang sebesar 52% dengan jumlah 100 siswa dan untuk kategori rendah sebesar 32% dengan jumlah 60 siswa (2) banyak siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sebesar 21% dengan jumlah 40 siswa sedangkan siswa yang memiliki kepercayaan diri sedang sebesar 68% dengan jumlah 130 siswa, dan untuk kategori rendah sebesar 11% dengan jumlah 21 siswa (3) hasil korelasi variabel adalah nilai probabilitas rtabel (0,138) yang artinya hipotesis penelitian ini diterima. Semakin tinggi self-regulation maka semakin tinggi pula kepercayaan diri siswa SMPN 1 Pakisaji. Peneliti memberikan saran diantaranya: 1) bagi konselor dapat membangun self-regulation pada diri siswa, 2) bagi guru dapat memberikan contoh yang positif di dalam kelas, 3) bagi sekolah hendaknya dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menjelang ujian akhir semester untuk mendapa
2129500/SB/2018 | KKI 371.4 ALV h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain