Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Multimedia Visual Prezi Berbasis Masalah pada Materi Keanekaragaman Hewan di Indonesia
Media pembelajaran visual prezi berbasis masalah dikembangkan untuk
membantu memudahkan proses pembelajaran dan mengembangkan produk yang
dapat menciptakan suasana baru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini
dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media visual prezi
berbasis masalah.
Metode yang digunakan untuk mengembangkan media visual prezi berbasis
masalah ini adalah metode Borg and Gall berupa studi pendahuluan analisis, desain
dan pembuatan produk, evaluasi, dan produk final. Subjek uji coba pada penelitian
ini adalah siswa kelas 4a SDN Sukun 03 Malang. Instrumen pengambilan data yaitu
melalui observasi, angket, dan wawancara.
Hasil validasi ahli materi 83,91%, ahli media 84,5%, ahli bahasa 100%, dan
guru 100%. Hasil validasi tersebut menunjukkan kriteria sangat layak dan layak.
Hasil implementasi model pembelajaran berbasis masalah 92,5% dengan kriteria
sangat praktis. Hasil observasi praktisi yang diperoleh 89,5%, dan hasil observer
implementasi media dalam kelas 95,7%. Hasil praktisi yang menunjukkan kriteria
sangat praktis. Angket yang diberikan kepada siswa telah diisi sebagian besar
dengan tanggapan yang positif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
visual prezi berbasis masalah valid layak digunakan dan memiliki nilai kepraktisan.
Implikasi penelitian dan pengembangan ini adalah Media pembelajaran visual prezi
berbasis masalah materi IPA keanekaragaman hewan hasil pengembangan dapat
digunakan dalam pembelajaran IPA kelas 4 SD karena memuat materi dalam
kurikulum 2013 yaitu keanekaragaman hewan langka dan tidak langka yang ada di
Indonesia.
2129499/SB/2018 | KKI 372 KAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain