Electronic Resource
Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Cerita PEcahan Berdasarkan Tahapan Newman di SD Kristen Pamerdi Malang Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini fokus untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan kesalahan Newman. Tahapan analalisis kesalahan Newman terdiri dari 5 tahap yaitu membaca, memahami, transformasi, ketrampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Tahapan analisis kesalahan Newman merupakan tahapan untuk memahami dan menganalisis bagaimana siswa memecahkan masalah berbentuk cerita. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 subjek penelitian dari siswa kelas IV SD Kristen Pamerdi Malang tahun ajaran 2017/2018 yang diikuti oleh 22 siswa, 1 siswa tidak mengikuti tes tertulis dikarenakan sakit. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil validasi soal tes tertulis dari validator yaitu dapat digunakan dengan revisi kecil dengan perolehan skor akhir 30, sedangkan hasil validasi pedoman wawancara yaitu layak digunakan dengan revisi kecil, hasil analisis data menunjukkan bahwa 7 siswa berada pada kelompok tinggi, 11 siswa berada pada
kelompok sedang dan 3 siswa berada pada kelompok rendah.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Kesalahan dalam membaca sebanyak 2 subjek dengan penyebab terjadinya kesalahan adalah siswa tidak mampu memaknai arti kata, simbol dan istilah pecahan sesuai dengan yang diminta soal, (2) kesalahan dalam memahami sebanyak 2 subjek dengan penyebab terjadinya kesalahan adalah siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan sesuai dengan soal, (3) tidak ada satupun subjek penelitian yang melakukan kesalahan transformasi, (4) kesalahan dalam ketrampilan proses sebanyak 8 subjek dengan penyebab terjadinya kesalahan adalah siswa tidak melakukan perhitungan seperti menjumlahkan dan mengurangkan pecahan, (5) kesalahan dalam penulisan jawaban akhir sebanyak 6 subjek dengan penyebab terjadinya kesalahan adalah siswa tidak menuliskan jawaban akhir sesuai dengan yang diminta soal.
2129495/SB/2018 | KKI 372 ISN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain