Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Tematik Integrated Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Pakisaji Malang
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran agar membuat pengalaman bermakna pada peserta didik. Penelitian ini berangkat dari model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga tampak monoton. Selain itu pembelajaran berpusat pada guru tanpa dilengkapi media yang dapat mendukung ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka upaya yang diambil untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna serta menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Tematik Integrated yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tematik Integrated terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Pakisaji Malang.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experiment, dan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Jenis yang digunakan dalam teknik ini adalah jenis sampel jenuh artinya semua populasi digunakan sebagai sampel. Jadi sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas III SDN 1 Pakisaji Malang dengan jumlah 63 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelas IIIa sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa, dan kelas IIIb sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data berupa pretest dan posttest tertulis secara objektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran tematik Integrated dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran tematik Integrated. Berdasarkan pengujian uji t menggunakan SPSS 20.0 for windows diperoleh hasil uji hipotesis posttest kelas IIIa (kelas eksperimen) dan kelas IIIb (kelas kontrol) adalah sig. (2-tailed) 0,000 < taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tematik Integrated adalah 92 dan siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran tematik Integrated adalah 86. Jadi pada penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran tematik Integrated terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Pakisaji Malang.
2129492/SB/2018 | KKI 372 AFE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain