Electronic Resource
Persepsi Mahasiswa Terhadap Prospek Program Studi Pendidikan Geografi
Pendidikan mempunyai peran yang paling dominan bagi manusia, oleh sebab itu pendidikan harus mendapatkan perhatian dan prioritas yang tinggi oleh pemerintah, pengelola pendidikan maupun masyarakat umumnya. Mahasiswa sebagai pelaku pendidikan dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak. Dalam penelitian ini, peneliti menjadikan mahasiwa sebagai informan/responden, dengan harapan mahasiswa dapat memberikan persepsi atau pendapat dari hasil pengalaman yang diperoleh sepanjang mengikuti perkuliahan di Program Studi Pendidikan Geografi. Pendapat mahasiswa ini sejatinya akan digunakan sebagai acuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap prospek Program Studi Pendidikan Geografi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap prospek program studi pendidikan geografi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2015 yang ada di program studi pendidikan geografi. Supaya memperoleh hasil yang representatif dari jumlah populasi, maka sampel dalam penelitian ini sebesar 25% dengan jumlah sampel sebanyak 48 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan dari 48 responden yang diteliti sekitar 91,7% mempunyai persepsi yang baik, 6,3% mempunyai persepsi yang cukup, dan 2% mempunyai persepsi yang rendah terhadap prospek program studi pendidikan geografi. Terdapat 3 indikator persepsi yakni pandangan, tanggapan dan perasaan, yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap prospek program studi pendidikan geografi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata persepsi mahasiswa terhadap prospek program studi pendidikan geografi adalah baik. Sehingga disarankan dengan adanya penelitian ini, dapat memberikan gambaran bagi pihak program studi pendidikan geografi agar dapat berkembang menjadi program studi unggulan di Universitas Kanjuruhan Malang.
2129489/SB/2018 | KKI 910 DAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain