Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018

Natalia Nuli Mukin - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S. Pd., M.Si - Nama Orang;

Hasil observasi awal penelitidi kelas VIII-A SMP Negeri 7 Malang, menunjukan bahwa siswa kurang termotivasi hal ini diamati dari beberapa indikator yang ditunjukkan siswa saat pembelajaran berlangsung ditinjau dari perhatian siswa,tanggungjawab siswa,kerjasamasiswa, rasa ingin tahu siswa, konsentrasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS di kelas VIII-A SMP Negeri 7 Malang, dengan penerapan model Inquiry Terbimbing.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan taggard.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar mencapai presentase ketuntasan sebesar 58%, sedangkan motivasi belajar siswa mencapaiskor 74,15 dengan kategori kurang motivasi. Silus II menunjukan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 88%, sedangkan skor motivasi 84,39 dengan kategori termotivasi.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 7 Malang, pada tindakan siklus II masih ada 7 orang siswa yang belum tuntas. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindaklanjuti tindakan sampai semua siswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan tuntas dengan nilai diatas KKM.


Ketersediaan
2129487/SB/2018KKI 910 MUK p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 MUK p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 177 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi
Hasil belajar
Skripsi
Model Inquiry Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik