Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Hasil observasi awal penelitidi kelas VIII-A SMP Negeri 7 Malang, menunjukan bahwa siswa kurang termotivasi hal ini diamati dari beberapa indikator yang ditunjukkan siswa saat pembelajaran berlangsung ditinjau dari perhatian siswa,tanggungjawab siswa,kerjasamasiswa, rasa ingin tahu siswa, konsentrasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS di kelas VIII-A SMP Negeri 7 Malang, dengan penerapan model Inquiry Terbimbing.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan taggard.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar mencapai presentase ketuntasan sebesar 58%, sedangkan motivasi belajar siswa mencapaiskor 74,15 dengan kategori kurang motivasi. Silus II menunjukan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 88%, sedangkan skor motivasi 84,39 dengan kategori termotivasi.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 7 Malang, pada tindakan siklus II masih ada 7 orang siswa yang belum tuntas. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindaklanjuti tindakan sampai semua siswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan tuntas dengan nilai diatas KKM.
2129487/SB/2018 | KKI 910 MUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain