Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Outdoor Menggunakan Modul Kontekstual Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Ketawang
Proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA akan lebih efektif apabila siswa memperoleh pengalaman nyata. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang mendukung partisipasi siswa dalam menerima materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor menggunakan modul kontekstual mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Ketawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal, uji daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ketawang Gondanglegi Kabupaten Malang dengan jumlah sampel kelas eksperimen 15 siswa dan jumlah sampel kelas kontrol 15 siswa.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test menunjukkan bahwa nilai signifikasi lebih kecil 0,05 yaitu 0,012 (0,05>0,012) sehingga ditolak dan diterima. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor menggunakan modul kontekstual mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa di SDN Ketawang. Dalam penelitian ini siswa dapat memecahkan suatu soal dari proses mereka mencari tahu sendiri di lapangan. Selain itu pengalaman siswa dalam melakukan penyelidikan diluar kelas dapat menambah ingatan siswa pada materi tersebut. Sehingga hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan pertimbangan guru dalam memilih model pembelajaran dan sebagai bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor pada aspek yang lebih luas.
2129485/SB/2018 | KKI 372 RAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain