Electronic Resource
Pengaruh Pendampingan Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SDN Plaosan 2 Wonosari Tahun Pelajaran 2017/2018
Perkembangan teknologi abad 21 semakin maju memberikan dampak pada media digital yang marak dalam penggunaanya untuk mencari informasi dengan tepat. Dalam penggunaan teknologi diperlukan kemampuan literasi digital untuk memilah informasi agar terhindar dari masalah yang muncul pada teknologi digital, terutama pada keamanan dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan keamanan dalam menggunakan teknologi digital. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode survey, sehingga data yang diperoleh melalui
angket atau kuisioner dan soal tes studi kasus terkait keamanan dan pemecahan masalah. Data diperoleh melalui penyebaran angket yang berupa pernyataan dan soal tes secara online melalui google form dengan menggunakan sampel 397 siswa pada kelas tinggi dari 8 sekolah dasar di Jawa Timur. Analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian terkait tingkat kemampuan memecahkan masalah dan keamanan dalam menggunakan teknologi digital siswa sekolah dasar dari 8 sekolah dasar di Jawa timur yang diukur menggunakan angket dan soal tes dari 2 indikator literasi digital: 1) Indikator keamanan yang memiliki total skor rata-rata angket sejumlah 3,58 dengan kategori tinggi dan skor rata-rata soal tes sejumlah 3,54 dengan kategori tinggi, serta 2) Indikator pemecahan masalah yang memiliki total skor rata-rata angket sejumlah 3,36 dengan kategori cukup dan skor rata-rata soal tes sejumlah3,64 dengan kategori tinggi. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan peran kepala sekolah untuk mengawasi serta mencanangkan kegiatan literasi digital dengan tujuan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam menggunakan teknologi digital disekolahnya.
2129482/SB/2018 | KKI 372 FEB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain