Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul IPA berbasis Scaffolding pada Materi Sifat Wujud dan Perubahan Benda Kelas IV

Electronic Resource

Pengembangan Modul IPA berbasis Scaffolding pada Materi Sifat Wujud dan Perubahan Benda Kelas IV

Intan Azqiyah - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd. - Nama Orang; Muslim, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang dimodifikasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dibatasi menjadi 5 langkah utama (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) pengembangan bentuk awal produk, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji terbatas dan revisi produk, (5) produk akhir.
Subyek pengembangan untuk kelayakan modul divalidasi oleh ahli media, dan ahli materi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan lembar observasi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data tentang hasil observasi, serta saran saat validasi dan uji lapangan terhadap kelayakan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian hasil validasi modul.
Hasil uji kelayakan modul IPA oleh ahli materi 4,78, ahli media 4,82. Respon guru terhadap modul 4,77, dan respon siswa pada uji lapangan terbatas 4,70. Hal ini berarti modul IPA berbasis scaffolding yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa SD kelas IV. Simpulan penelitian ini yaitu modul IPA berbasis Scaffolding yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran.


Ketersediaan
2129429/SB/2018KKI 372 AZQ p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 AZQ p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 161 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Modul
Skripsi
Ipa
Scaffolding.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik