Electronic Resource
Pengembangan Modul IPA berbasis Scaffolding pada Materi Sifat Wujud dan Perubahan Benda Kelas IV
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang dimodifikasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dibatasi menjadi 5 langkah utama (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) pengembangan bentuk awal produk, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji terbatas dan revisi produk, (5) produk akhir.
Subyek pengembangan untuk kelayakan modul divalidasi oleh ahli media, dan ahli materi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan lembar observasi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data tentang hasil observasi, serta saran saat validasi dan uji lapangan terhadap kelayakan modul IPA berbasis scaffolding pada materi sifat wujud dan perubahan benda kelas IV SD. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian hasil validasi modul.
Hasil uji kelayakan modul IPA oleh ahli materi 4,78, ahli media 4,82. Respon guru terhadap modul 4,77, dan respon siswa pada uji lapangan terbatas 4,70. Hal ini berarti modul IPA berbasis scaffolding yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa SD kelas IV. Simpulan penelitian ini yaitu modul IPA berbasis Scaffolding yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran.
2129429/SB/2018 | KKI 372 AZQ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain