Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Anak Kelompok B di TK ABA 2 Klampok Singosari

Electronic Resource

Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Anak Kelompok B di TK ABA 2 Klampok Singosari

Husni Eny Setiyowati - Nama Orang; Rina Wijayanti, M. Psi - Nama Orang; Henni Anggraini, M.Psi - Nama Orang;

Perkembangan kemampuan perilaku asertif kelompok B di TK ABA 2 Klampok Singosari belum berkembang secara optimal dan masih memrlukan peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar anak belum mampu mengungkapkan ide menggunakan kalimat sederhana, 9 anak kurang lancar dalam menyampaikan ide terbukti dalam proses kegiatan belajar ada 9 anak masih malu dan ekspresi yang ditunjukkan terlihat kurang berani menyampaikan pendapatnya atau malu untuk bertanya. Selain permasalahan tersebut kegiatan pembelajaran juga belum maksimal, sehingga hal tersebut mempengaruhi ketertarikan anak dalam mengikuti proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perilaku asertif melalui pembelajaran bermain peran pada anak Kelompok B (usia 5-6 tahun). Peneliti memilih pembelajaran bermain peran karena, bermain peran merupakan cara yang mudah dan disukai oleh anak-anak dengan demikian apa yang ingin disampaikan oleh peneliti dapat diserap dengan mudah oleh anak-anak.
Dalam mengadakan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Dengan menggunakan obyek penelitian yaitu 15 anak dengan rentan usia 5-6 tahun yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan pada kelompok B di TK ABA 2 Klampok Singosari.
Dari hasil penelitian tersebut dapat meningkatkan perilaku asertif anak pada siklus I (75%) dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan pada siklus II meningkat sebanyak (99, 7%) dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).
Bagi guru TK dan pihak sekolah diharapkan dapat menggunakan pembelajaran bermain peran sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan perilaku Asertif.


Ketersediaan
2129407/PB/2018KKI 372 SET p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SET p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 78 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Perilaku Asertif
Skripsi
Bermain Peran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik