Electronic Resource
Problem Based Learning Berbantuan e-Rubric Kerja Ilmiah Siswa Untuk Meningkatkan Efektifitas Kinerja Pembelajaran Pembelajaran Pada Topik Bahasan Kalor dan Perpindahannya di SMP Negeri 10 Malang TA. 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning berbantuan e-rubric. 2) Mendeskripsikan kerja ilmiah siswa. 3) Mendeskripsikan penggunaan e-rubric. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian dibagi kedalam tahap 1 dan 2. Tahap 1 dengan 3 pertemuan untuk membahas materi kalor dan penerapannya, tahap 2 dengan 2 pertemuan untuk membahas materi perpindahan kalor secara konduksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII I dan VII J SMP Negeri 10 Malang, semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Data diperoleh dari kualitas pelaksanaan pembelajaran dan kerja ilmiah siswa dan sumber data diperoleh dari guru/observer dan siswa serta teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, pedoman wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap pertemuan yang dilakukan peneliti untuk mengukur kerja ilmiah siswa menggunakan aplikasi e-rubric melalui percobaan pada praktikum pertama, dengan hasil analisis indikator kerja ilmiah siswa, hasil observasi manual kerja ilmiah siswa tanpa menggunakan e-rubric dan hasil analisis kerja ilmiah menggunakan e-rubric, dengan hasil : 1) menggunakan alat, 78.13%. 2) mengumpulka data, 79.17%. 3) menganalisis data, 72.92%. 4) menyimpulakan, 77.08%. 5) mengkomunikasikan, 72.92%. Pada praktikum kedua hasil analisis kerja ilmiah menggunakan e-rubric, diperoleh hasil: 1) menggunakan alat, 86.46%. 2) mengumpulka data, 87.50%. 3) menganalisis data, 71.88%. 4) menyimpulakan, 84.54%. 5) mengkomunikasikan, 75.00%. dapat dilihat bahwa ada peningkatan kerja ilmiah siswa pada praktikum pertama dan kedua menggunakan model PBL berbantuan e-rubric
2129402/SB/2018 | KKI 530 TAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain