Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Metode Mind Mapping  Terhadap Prestasi Dan Kemandirian Belajar Fisika Siswa Materi Gelombang Kelas XI MAN Gondanglegi Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Metode Mind Mapping Terhadap Prestasi Dan Kemandirian Belajar Fisika Siswa Materi Gelombang Kelas XI MAN Gondanglegi Tahun Ajaran 2017/2018

Ayu Nur Laily Choiroh - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd - Nama Orang; Hestiningtyas YuliPratiwi, S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi yang berjumlah 159 siswa. Penelitian ini menggunakan simple random sampling. Setelah dilakukan random dihasilkan kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (30 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan lembar angket kemandirian dan soal posttest. Data angket dan posttest dianalisis dengan menggunakan statistik MANOVA dengan tarafsignifikansi 5% dengan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini antara lain (1) Ada pengaruh prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dengan metode Mind Mapping dengan siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran konvensional (diuji menggunakan statistik MANOVA dengan sig. = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak karena sig. < 0,05); (2) ada pengaruh kemandirian belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dengan metode Mind Mapping dengan siswa yang yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran konvensional (diuji menggunakan statistik MANOVA dengan sig. = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak karena sig. < 0,05); (3) ada pengaruh model pembelajaran model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ada pengaruh prestasi belajar fisika pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) ada pengaruh kemandirian belajar fisika pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (3) ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mappingi terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika


Ketersediaan
2129398/SB/2018KKI 530 CHO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 CHO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
viii,57 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Prestasi
Mind Mapping
Skripsi
Kemandirian
Flipped Classroom
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik