Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Metode Mind Mapping Terhadap Prestasi Dan Kemandirian Belajar Fisika Siswa Materi Gelombang Kelas XI MAN Gondanglegi Tahun Ajaran 2017/2018
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi yang berjumlah 159 siswa. Penelitian ini menggunakan simple random sampling. Setelah dilakukan random dihasilkan kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (30 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan lembar angket kemandirian dan soal posttest. Data angket dan posttest dianalisis dengan menggunakan statistik MANOVA dengan tarafsignifikansi 5% dengan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini antara lain (1) Ada pengaruh prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dengan metode Mind Mapping dengan siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran konvensional (diuji menggunakan statistik MANOVA dengan sig. = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak karena sig. < 0,05); (2) ada pengaruh kemandirian belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dengan metode Mind Mapping dengan siswa yang yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran konvensional (diuji menggunakan statistik MANOVA dengan sig. = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak karena sig. < 0,05); (3) ada pengaruh model pembelajaran model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ada pengaruh prestasi belajar fisika pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) ada pengaruh kemandirian belajar fisika pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mapping dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (3) ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan metode Mind Mappingi terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika
2129398/SB/2018 | KKI 530 CHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain