Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Tongkat Misteri Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Blimbing 4 Malang
Pendidikan tidak hanya usaha untuk mewujudkan ketercapaian aspek kognitif, melainkan pada aspek afektif dan psikomotorik. Salah satu standar yang harus dikembangkan dalam pendidikan adalah standar proses. Proses berpikir yang kompleks adalah berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang beralasan dan reflektif, berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran Tongkat Misteri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian One-Group PretestPosttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh. Sampel penelitian ini yakni kelas V berjumlah 49 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes yang telah disusun sesui dengan indikator variabel penelitian dan materi pembelajaran guna memperoleh data hasil keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dengan taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa nilai Sig. kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Tongkat Misteri terhadap berpikir kritis siswa. Oleh karena itu diharapkan kepala sekolah dapat mengefektifkan pembinaan serta pengelolaan proses pembelajaran. Selain itu bagi guru diharapkan dapat mempertimbangkan dalam pemilihan penggunaan model pembelajaran dan bantuan media pembelajaran yang relevan sehingga dapat merangsang perkembangan berpikir kritis siswa.
2129389/SB/2018 | KKI 372 AST p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain