Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran VLP (Virtual Laboratory Pollination) Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran virtual laboratory pollination, mengetahui kelayakan, kepraktisan dan respon siswa terhadap media pembelajaran virtual laboratory pollination. Subjek uji coba produk ini yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa kelas IV di SDN Sukun 2 Kota Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah (research and development) dari Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan : (1) Tahap analisis meliputi studi lapangan dan studi literatur. (2) Tahap desain dan pengembangan meliputi pembuatan flowchart dan storyboard (3) Tahap produksi meliputi pembuatan produk media pembelajaran virtual laboratory pollination (4) Tahap evaluasi meliputi validasi materi, media, dan bahasa serta uji coba produk kepada guru dan siswa (5) Produk akhir media pembelajaran virtual laboratory pollination. Hasil validasi materi memperoleh nilai 92% dengan kategori sangat layak. Ahli media memperoleh 92% dengan kategori sangat layak. Ahli bahasa memperoleh nilai 81% dengan kategori layak. Validasi guru memperoleh nilai 91% dengan kategori sangat layak. Uji coba kelompok kecil yang
melibatkan 10 orang siswa memperoleh nilai 87% dengan kategori layak dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 38 siswa memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat layak. Nilai kepraktisan dari observer memperoleh nilai 86% dengan kategori praktis. Dengan demikian media pembelajaran virtual laboratory pollination layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang.
2129388/SB/2018 | KKI 372 ARI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain