Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learnig Dengan Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP PGRI 01 Singosari.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP PGRI 01 Singosari Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasy exsperiment (eksperimen semu) yang desain penelitiannya adalah nonequivalent pretest - posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 01 Singosari. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling clase (sampel acak kelas). Dalam penelitian ini menggunakan dua Kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing yaitu kelas VII-A dan kelas VII- B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Kelas VII – C yang menjadi subjek penelitiannya diambil dari kelompok yang telah dibentuk secara alamia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan bahwa nilai sig > (0,000 > 0,05 karena nilai sig 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan bahwa nilai sig > (0,000 > 0,05 karena nilai sig 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan metode snowball throwing dan motivasi terhadap hasil belajar fisika. Dimana pada hasil uji anova menunjukan bahwa nilai sig > (0,220 < 0,05. karena nilai sig 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
2129378/SB/2018 | KKI 530 SIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain