Electronic Resource
Sistem Informasi Clustering Koleksi Buku Perpustakaan Berdasarkan Minat Baca Siswa Dengan Menggunakan Metode K-Means (Studi Kasus : Perpustakaan SMA Negeri 1 Paiton)
Perpustakaan SMAN 1 Paiton merupakan sarana utama bagi siswa dalam meningkatkan potensi belajar, memperluas pengetahuan pada setiap bidang studi serta mengembangkan minat, bakat, dan kegemaran siswa. Tetapi, ditemukan suatu permasalahan dalam menentukan prioritas tertinggi minat baca siswa terhadap buku-buku di perpustakaan sehingga pustakawan kesulitan dalam meningkatkan koleksi bukunya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah bagaimana cara mengklusterkan koleksi buku perpustakaan berdasarkan banyaknya data buku yang dipinjam, buku yang dibaca dan stok buku.
Untuk memaksimalkan proses penambahan koleksi buku di perpustakaan SMA Negeri 1 Paiton, maka dibutuhkan sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola data tersebut secara komputerisasi. Salah satu cara untuk mengelola data tersebut yaitu dengan menggunakan data mining. Dengan memanfaatkan metode k-means pada data mining, setiap data buku akan diklusterkan menjadi 3 cluster, yaitu prioritas tinggi, prioritas sedang, dan prioritas rendah untuk perencanaan penambahan koleksi buku.
Berdasarkan hasil pengujian bahwasannya sistem informasi clustering koleksi buku perpustakaan sesuai minat baca siswa dengan menggunakan metode k-means dapat mempermudah pustakawan dalam mengklusterkan koleksi buku sesuai minat baca siswa, sehingga dapat diketahui buku yang menjadi prioritas tinggi, prioritas sedang dan prioritas rendah.
2129356/SB/2018 | KKI 001.6 YUS s/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain