Electronic Resource
Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Plus 'Bustanul Ulum' Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
Berdasarkan pengalaman mengajar dan hasil observasi yang dilaksanakan di SMA Plus ‘Bustanul Ulum’ Puger Jember, keaktifan belajar siswa kelas XD sangat rendah seperti pada saat pembelajaran siswa kurang bersemangat, siswa kurang memperhatikan guru, siswa jarang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi, siswa kurang mampu memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru, diskusi kelompok hanya didominasi oleh siswa yang aktif saja, serta sebagian besar siswa malas untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hasil ulangan harian dan ulangan tengah semester tahun pelajaran 2016/2017 pada semester genap masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa kelas XD SMA Plus ‘Bustanul Ulum’ Puger Jember melalui penerapan pembelajaran model pembelajaran Jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus 1 dengan pokok bahasan perairan darat, sedangkan pada siklus 2 dengan pokok bahasan perairan laut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XD SMA Plus ‘Bustanul Ulum’ Puger Jember yang berjumlah 36 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keaktifan siswa menunjukkan ketercapaian pada siklus 1 sebesar 67,7 % yang berada pada kriteria aktif sedangkan pada siklus 2 mencapai 83,4% yang berada pada kriteria sangat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 15,7%. Hasil belajar pra tindakan rata-rata nilai siswa mencapai 53,3 dengan jumlah kentutasan klasikal 13,88%, siklus 1 nilai rata-rata siswa mencapai 62,3 dengan jumlah ketuntasan klasikal 33,3%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 73,3 dengan jumlah ketuntasan klasikal 77,8%. Ini menunjukkan bahwa antara pratindakan dan siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 19,5% dan antara siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 44,5%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran model Jigsaw memenuhi kriteria sangat baik. Pembelajaran model Jigsaw meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XD SMA Plus ‘Bustanul Ulum’ Puger Jember
2129344/SB/2018 | KKI 910 SAR i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain