Electronic Resource
Pengembangan Inventori Keterampilan Komunikasi Interpersonal Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Di Kota Malang
Peneltian ini fokus mengembangkan inventori keterampilan komunikasi interpersonal, inventori merupakan alat yang dibutuhkan oleh konselor untuk
dapat menyusun layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan siswa. Permasalahan yang ada di lapangan adalah belum adanya instrument untuk mengukur keterampilan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inventori yang dapat digunakan oleh konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.
Metode Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa SMKN di Kota Malang berusia 15-18 tahun. Sedangkan untuk sampel yaitu siswa SMKN 4, 8, dan 10 yang masing-masing diambil 100 siswa dipilih dengan teknik cluster random sampling.
Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk yaitu inventori keterampilan komunikasi interpersonal yang terdiri dari 18 item pernyataan yang dinyatakan valid yang dapat digunakan oleh konselor sekolah untuk mengetahui tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa/i SMK di kota Malang. Setelah melalui pengujian statistik hasil analisis reliabilitas menggunakan formula alpha menunjukkan koefisien alpha sebesar 0.814 yang berarti inventori yang dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Dan memiliki muatan faktor berkisar antara -0.05 – 0.06, yang berarti pernyataan inventori memiliki korelasi dengan aspek yang mendasari pengembangan inventori.
Sehingga dapat di simpulkan Inventori keterampilan komunikasi interpersonal ini dapat digunakan oleh konselor SMK di kota Malang sebagai alat untuk menyusun layanan yang akan diberikan kepada konseli.
2129320/SB/2018 | KKI 371.4 AIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain