Electronic Resource
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Model Picture And Picture Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampit
Kata Kunci: Media Picture And Picture, Menulis Puisi, SMA
Hasil observasi menemukan bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X pokok materi menulis puisi, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran. Sehingga hal tersebut mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis puisi adalah kemampuan siswa berbahasa kurang. Dari nilai standar ketuntasan minimum yang di tetapkan sebesar 75 secara keseluruhan siswa belum mampu mencapai target yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan terampilan menulis puisi dengan model picture and picture dan mendeskripsikan efektifitas penyajian picture and picture dalam bentuk gambar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Dampit dengan subjek siswa kelas X sebanyak 31 siswa yang tediri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (playning), (2) penerapan tindakan (action), (3) mengobservasi dan mengevaluasi (observation an evalution), dan (4) melakukan refleksi (reflecting). Sedangkan teknik mengumpulkan data dan analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media picture and picture pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampit materi menulis puisi dapat meningkatkan antusias belajar siswa, meningkatkan konsentrasi dan menambah minat belajar siswa. Siswa telah mampu membuat puisi dengan memperhatikan unsur-unsur yang ada didalam puisi. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indicator dapat tercapai dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat. Penggunaan media picture and picture juga dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran menulis puisi sebelumnya yaitu 67,74% pada siklus II meningkatkan menjadi 93,55%.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat ditujukan oleh penulis kepada guru dalam menggunakan media pembelajaran picture and picture berupa gambar hendaknya mempertimbangkan efektifitas penggunaannya, efektif bagi guru dalam kegiatan pembelajaran dan efektif bagi siswa dalam menerima materi pelajaran. Dengan mempertimbangkan ukuran gambar, penyajian gambar, jumlah gambar dan pesan yang akan disampaikan media picture and picture akan membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.
2129316/SB/2018 | KKI 410 PAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain