Electronic Resource
Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Flipped Class Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa dan interaksi antara model pembelajaran
dengan keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa yang diajar dengan model discovery learning berbasis flipped class dan discovery learning. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendengan postest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa pada kelas VII
A sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 5 Kepanjen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan tes penguasaan konsep siswa dan dianalisis menggunakan uji analisis varian (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning
berbasis flipped class dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung sebesar 9.296 ≥ 4.00 (Ftabel) pada taraf signifikan
0,003 < 0,05. (2)Ada perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis flipped class dan siswa yang
belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung sebesar 7.570 model discovery learning berbasis flipped class dan keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep dengan nilai Fhitung sebesar 0.572 ≤ 4.00 (Ftabel) pada taraf signifikan0,453 > 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model discovery learning berbasis flipped class berpengaruh secara positif terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa, namun model pembelajaran dan keterampilan proses sains memberikan pengaruh secara terpisah terhadap penguasaan konsep siswa.
2129306/SB/2018 | KKI 530 MEZ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain