Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Pecahan Sederhana Kelas III SD
Pembuatan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang dibuat oleh guru memiliki manfaat dalam perkembangan prestasi siswa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu modul pembelajaran materi pecahan sederhana yang valid, efektif, dan praktis dengan mengembangkan tujuh unsur pada pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan produk modul pembelajaran matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pecahan sederhana kelas III SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan menggunakan model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Fase-fase penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define); (2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (develop); dan tahap penyebaran (disseminate).
Berdasarkan pada tahap pengembangan melalui validasi, diperoleh bahwa modul yang dikembangkan valid kriteria valid dengan ketercapaian validasi modul 96,73% dan ketercapaian validasi materi 76,46%. Modul pembelajaran juga dikategorkan praktis dengan ketercapaian persentase aktivitas guru selama dua pertemuan mencapai 82% dan 91,42%. Modul pembelajaran juga dikategorikan efektif dengan hasil persentase aktivitas siswa selama pertemuan pertama dan kedua mencapai 85,14% dan 90,85%, persentase respon positif siswa terhadap modul pembelajaran mencapai 95,66%, dan rata-rata hasil belajar yang diperoleh oleh siswa mencapai nilai 88. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka modul pembelajaran matematika dapat dikategorikan layak digunakan di lapangan.
2129293/SB/2018 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain