Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Pecahan Sederhana Kelas III SD

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Pecahan Sederhana Kelas III SD

Ester Pratama - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Dra. Sri Rahayu, M.Pd. - Nama Orang;

Pembuatan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang dibuat oleh guru memiliki manfaat dalam perkembangan prestasi siswa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu modul pembelajaran materi pecahan sederhana yang valid, efektif, dan praktis dengan mengembangkan tujuh unsur pada pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan produk modul pembelajaran matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pecahan sederhana kelas III SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan menggunakan model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Fase-fase penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define); (2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (develop); dan tahap penyebaran (disseminate).
Berdasarkan pada tahap pengembangan melalui validasi, diperoleh bahwa modul yang dikembangkan valid kriteria valid dengan ketercapaian validasi modul 96,73% dan ketercapaian validasi materi 76,46%. Modul pembelajaran juga dikategorkan praktis dengan ketercapaian persentase aktivitas guru selama dua pertemuan mencapai 82% dan 91,42%. Modul pembelajaran juga dikategorikan efektif dengan hasil persentase aktivitas siswa selama pertemuan pertama dan kedua mencapai 85,14% dan 90,85%, persentase respon positif siswa terhadap modul pembelajaran mencapai 95,66%, dan rata-rata hasil belajar yang diperoleh oleh siswa mencapai nilai 88. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka modul pembelajaran matematika dapat dikategorikan layak digunakan di lapangan.


Ketersediaan
2129293/SB/2018KKI 372 PRA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PRA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii,106 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Modul
Pecahan
CTL
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik