Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Peserta Didik Kelas VII SMP pGRI 01 Singosari

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Peserta Didik Kelas VII SMP pGRI 01 Singosari

Rizky Ambar Setyomurni - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Nur Farida, M.Pd. - Nama Orang;

Adanya soal pemecahan masalah pada buku matematika K13 yakni sebesar 33,64% tidak selaras dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia yang terbilang rendah menurut survei PISA. Tahapan Polya menjadi indikator kemampuan pemecahan masalah karena peserta didik dapat menganalisis soal, mengintregasikan konsep, dan melatih membuat kerangka kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya pada peserta didik kelas VII SMP PGRI 01 Singosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B yang berjumlah 26 peserta didik dengan rincian 16 putra dan 11 putri. Data yang dianalisis adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu diperoleh kemampuan pemecahan masalah: (a) kemampuan tinggi dengan rentang skor 41 sampai 60 sebanyak 2 peserta didik;
(b) kemampuan sedang dengan rentang skor 21 sampai 40 sebanyak 13 peserta didik; (c) kemampuan rendah dengan rentang skor 0 sampai 20 sebanyak 11 peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan peserta didik di SMP PGRI 01 Singosari rata-rata berada pada kategori kemampuan sedang. Saran bagi guru sebaiknya menekankan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.


Ketersediaan
2129291/SB/2018KKI 510 SET a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SET a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 112 Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Kemampuan Pemecahan Masalah,
Skripsi
tahapan Polya
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik