Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Himbunan Di Kelas VII Smp Negeri 1 Menjalin Kalimantan Barat
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan SMP Negeri 1 Menjalin pembelajaran matematika khususnya di kelas VII masih menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered). Situasi belajar monoton membua siswa pasif, karena segala sesuatu tergantung pada guru sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa di kelas VII. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan semua siswa secara aktif dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang penerapannya menggunakan melalui berpikir, berbicara, dan menulis yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Menjalin Kalimantan Barat.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Menjalin Kalimantan Barat dengan subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota dalam kelompoknya. Prosedur pembelajaran menulis menggunakan model Think Talk Write (TTW) melalui 3 fase, yaitu: (1) Think (berpikir),
(2) Talk (berbicara), dan (3) write (menulis).
Selama proses pembelajaran, peneliti bersama observer mengamati aktifitas siswa untuk menilai keaktifan siswa. Keaktifan siswa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I persentase keaktifan siswa mencapai 71,38% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,66%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 72,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,2% Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Menjalin Kalimantan Barat.
2129287/SB/2018 | KKI 510 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain